Grebeg Selo Onggojoyo, dimeriahkan Kentong dan Pongge bersama Reog Singo Mudho Onggojoyo Sragilor Desa Kalimalang

Grebeg Selo Onggojoyo dusun Sragilor Desa Kalimalang meriah

PONOROGO, SINYALINDONESIA
- Grebeg Selo Onggojoyo yang ada di RW 02 Dukuh Sragilor Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo begitu meriah dan sangat  menghibur. Bagaimana tidak, dalam rangka memperkenalkan sejarah kepada generasi muda dusun Sragilor, siapa yang babat tanah leluhurnya maka sejak lima tahun yang lalu digelar acara grebeg Selo Onggojoyo.

"Acara grebeg selo Onggojoyo ini merupakan agenda rutin tahunan warga masyarakat yang ada di dukuh Sragilor desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Ponorogo. "ujar Prayogi, Kamituwo Sragilor Desa Kalimalang.kepada wartawan Kamis, 16/6.

Riyadi, Kades Kalimalang Sukorejo ketika ziarah makam onggojoyo

Dikatakan Prayogi, kegiatan tersebut sempat vakum 2 tahun karena adanya Pandemi covid19, sehingga ketika Pandemi covid19 mulai landai bahkan dari pemerintah juga ada kelonggaran berbagai kegiatan masyarakat maka warga dukuh Sragilor kembali menggelar acara rutin tahunan.

Dikatakan Prayogi, bahwa dalam acara grebeg selo Onggojoyo tersebut warga masyarakat dusun Sragilor memohon doa kepada Tuhan yang maha esa agar terhindar dari berbagai musibah yang menimpa di bulan selo ini. Untuk itu, warga masyarakat dusun Sragilor membuat jodang atau nasi yang dibungkus dengan daun pisang sebanyak 999 bungkus sebagai sedekah bumi.

Sedekah bumi, ada 999 jodang dibagikan kepada warga masyarakat

"Angka 999 itu ada artinya. Kita ambil dari 99 nama asmaulhusnah dan ditambah 9 nama wali songo sehingga ketika digabung menjadi angka 999."jelas Prayogi, Kamituwo Sragilor Desa Kalimalang.

Masih menurut Kamituwo Sragilor, Jodang itu kemudian diarak keliling oleh tokoh masyarakat dusun Sragilor bersama pemerintah desa setempat dan muspika Kecamatan Sukorejo dengan star dari kediaman kepala dusun atau Kamituwo setempat menuju pepunden Onggojoyo yang dipercaya sebagai tokoh yang babat tanah Sragilor desa Kalimalang. 

Kentong dan Pongge jadi bintang tamu dalam grebeg Selo Onggojoyo

Acara arak-arakan tersebut menjadi sangat menarik karena para tokoh masyarakat setempat berpakaian adat Jawa dan panoragan sambil diiringi gamelan reyog dan seluruh personilnya mulai jatil, bujangganong, pembarong dan warga masyarakat setempat.


"Kita kepunden atau makam Onggojoyo untuk ziarah makam mendoakan beliau karena sudah berjasa kepada warga masyarakat Dusun Sragilor Kalimalang."terang Prayogi.

Usai ziarah makam, kemudian Jodang itu dibagikan kepada warga masyarakat yang sudah sejak lama menantinya.


Sementara itu Riyadi, Kepala desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo yang hadir dan ikut dalam prosesi grebeg Selo Onggojoyo dusun Sragilor Desa Kalimalang mengaku senang dan bangga karena acara yang digagas warga masyarakat dusun Sragi cukup baik. 

Tak lupa, dalam kesempatan itu dirinya mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan dari muspika kecamatan Sukorejo bisa hadir untuk melihat langsung grebeg selo. Apalagi lanjut kades Kalimalang bahwa acara grebeg Selo sudah menjadi agenda rutin tahunan warga dusun Sragilor. 

Prayogi,
Kamituwo Sragilor Desa Kalimalang

"Saya minta warga masyarakat tertib dan bisa mengikuti aturan main panitia. Supaya pelaksanaan acara bisa berjalan baik dan sukses."ucap Kades Kalimalang.

Warga masyarakat Dusun Sragilor antusias ikuti arak-arakan menuju makam onggojoyo

Hal serupa dikatakan Widodo Mangirs, Ketua panitia grebeg Selo Onggojoyo dusun Sragilor Desa Kalimalang mengaku senang bisa menjadi bagian dari acara tersebut.  Karena kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin tahunan sehingga dalam perhelatannya dipersiapkan dengan sebaik mungkin dengan dibentuknya kepanitiaan melibatkan para pemuda dusun setempat.
Dikatakan Widodo Mangirs, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang ikut menyukseskan acara grebeg Selo onggojoyo diantaranya para pemuda Onggojoyo yang merupakan kumpulan dari muda-mudi RW 02 Dukuh Sragilor yang selalu berkarya dan menjunjung tinggi budaya jawa. 

Widodo Mangirs,
ziarah makam Onggojoyo

"Untuk lebih memeriahkan acara grebeg suro kita sengaja datangkan bintang tamu bujangganong Ponorogo yang cukup dikenal luas yaitu Kentong dan Pongge."ujar Widodo Mangirs, ketua panitia kegiatan.

Bukan hanya itu, dalam acara tersebut juga dimeriahkan 20 jatil diantaranya ada Aya, Maharani, Putri, Tasya, virel, Ita, Ulul, dan Icha dan ditambah 4 dadak merak reog menjadi hiburan yang luar biasa bagi warga masyarakat dusun Sragilor Kalimalang. 

Acara yang digelar mulai jam satu siang itu sampai sore jam lima baru selesai. Meski sempat diguyur hujan gerimis tapi tak menyurutkan warga masyarakat beranjak dari lokasi acara.(Nang).


Simak Vidio terkait berita grebeg Selo Onggojoyo dusun Sragilor Kalimalang...



COMMENTS


Dikunjungi



Nama

Agama,6,air bersih,1,AKABRI 91,1,audit BPKP,1,Babinsa,6,Badegan,1,bakti sosial,1,Bali,2,Bangun Rumah,1,Batangsaren,1,bedah rumah,1,Berita,2095,Bhakti sosial,1,cegah kebakaran,1,damai 2024,1,Dan Tugu Magetan,1,dana desa,1,Dewan,13,Ekonomi,12,Giat,155,gotong royong,3,hari santri,1,harkamtibmas,1,Hkukum,1,HSN,1,Hukum,174,hutan,1,Jatim,1,Jawa Timur,1,Jumat Bersih,1,Kabar desa,3,Kapolri,1,Kapolsek,1,Kebakaran,1,Kebonsari,1,Kejaksaan,1,kekeringan,1,Kerja Bhakti,3,Kesehatan,18,kodim,18,Kodim Ponorogo,2,korban tenggelam,1,KPK,2,KTT AIS,2,Madiun,1,masak,1,MoU,1,Musholla,1,narkoba,2,netralitas,1,olahraga,1,Panglima TNI,1,Pariwisata,16,Patroli,2,PCNU Ponorogo,1,pemberdayaan,1,Pemerintahan,49,Pemilu,2,Pemilu Damai,1,pendampingan,1,Pendidikan,21,pengamanan pemilu,1,pengesahan RAPBD 2024,1,Peristiwa,32,Pertanian,4,Piala dunia U17,1,PLN Persero,1,Polda Jatim,1,Polisi janji selidiki,1,Polres,2,Polres bangkalan,1,Polres Banyuwangi,1,Polres Kediri kota,1,Polres Ponorogo,3,polres Probolinggo,1,Polri,2,ponorogo,19,prabowo-gibran,1,PWI,1,relawan Bolone Mase,1,renovasi,1,RSUD,1,saluran air,1,Saradan,1,sekolah,1,Sidorejo,1,Singgahan,1,Sosial,44,sosialisasi,1,Stunting,1,subuh berjamaah,1,sumpah pemuda,1,tanam pohon,1,TMMD,1,TNI,3,TNI netral,1,TNI polri,1,Trenggalek,2,Tulungagung,1,
ltr
item
Sinyal Indonesia: Grebeg Selo Onggojoyo, dimeriahkan Kentong dan Pongge bersama Reog Singo Mudho Onggojoyo Sragilor Desa Kalimalang
Grebeg Selo Onggojoyo, dimeriahkan Kentong dan Pongge bersama Reog Singo Mudho Onggojoyo Sragilor Desa Kalimalang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAnRBhegJUNUBKaVHWH78DmO_hmig7-ELuERYnNCCmF0e85KoJTHPwn1MTXETaqFfcE6pgOeyQuj02XLXtvaPBgVSaRTkGEO1OFqc-seL6vCntieFuitUnul9m8Qpgqd-C4aw1O79iqIqoQ1HENhGRA9NdpapU0azSWV_IUqoUUIDPGLsHmgs1G9z-Ig/s320/IMG_20220616_140205.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAnRBhegJUNUBKaVHWH78DmO_hmig7-ELuERYnNCCmF0e85KoJTHPwn1MTXETaqFfcE6pgOeyQuj02XLXtvaPBgVSaRTkGEO1OFqc-seL6vCntieFuitUnul9m8Qpgqd-C4aw1O79iqIqoQ1HENhGRA9NdpapU0azSWV_IUqoUUIDPGLsHmgs1G9z-Ig/s72-c/IMG_20220616_140205.jpg
Sinyal Indonesia
http://www.sinyalindonesia.com/2022/06/grebeg-selo-onggojoyo-dimeriahkan.html
http://www.sinyalindonesia.com/
http://www.sinyalindonesia.com/
http://www.sinyalindonesia.com/2022/06/grebeg-selo-onggojoyo-dimeriahkan.html
true
7537170232992678404
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy