Gubernur Jatim, Khofifah apresiasi inovasi bupati Giri yang sulap sampah menjadi briket

Gubernur Jatim Khofifah Indar parawansa kagum dengan inovasi yang dilakukan Bupati Ponorogo H Sugiri Sancoko yang mengubah sampah menjadi briket dan bernilai ekonomis

SINYALINDONESIA, PONOROGO
- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengaku senang dan memberi apresiasi kepada bupati Ponorogo H. Sugiri Sancoko atas inovasinya yang menyulap sampah menjadi briket dan bernilai ekonomis. 

Dalam kunjungannya di Kabupaten Ponorogo, Rombongan Gubernur Jawa timur pada Senen, 8/11 disambut penuh hangat oleh Bupati Ponorogo H. Sugiri Sancoko dan mengajaknya untuk jalan-jalan ke TPA Mrican untuk melihat dari dekat proses pengolahan sampah menjadi briket.

Pabrik pengolahan sampah menjadi Briket di TPA Mrican Kecamatan Jenangan Ponorogo 

"Alhamdulillah, saya sangat senang dan memberi apresiasi yang tinggi kepada bupati Ponorogo atas inovasinya yang bisa mengubah sampah menjadi briket dan memiliki nilai ekonomis."ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar parawansa kepada wartawan.

Dijelaskan Gubernur bahwa sesuai informasi yang di dapat sekaligus melihat langsung proses pengolahan sampah menjadi briket dirinya mengaku cukup senang karena selama ini sampah menjadi problem tersendiri dan dengan melihat langsung inovasi yang dilakukan di Kabupaten Ponorogo maka akan bisa mengurangi sampah dan bahkan bisa mendatangkan nilai ekonomis. 

"Jika melihat seperti ini mesin pengolah sampah harus ditambah agar lebih banyak lagi sampah yang bisa diolah menjadi briket. Apalagi sudah ada pesanan banyak datang dari beberapa kota mulai Pasuruan, Kediri, Gresik dan lain sebagainya."jelas Gubernur.

Untuk itu lanjut gubernur usai meninjau langsung pabrik pengolahan sampah menjadi briket di TPA Mrican Kecamatan Jenangan Ponorogo pihaknya akan menyiapkan anggaran untuk membeli mesin sehingga produksinya makin meningkat dan sampah yang akan diolah menjadi briket juga makin banyak lagi. 

"Iya akan kita bantu. Akan kita cocokkan dulu dengan kebutuhan Pemkab Ponorogo."tegasnya dan berharap daerah lain bisa meniru langkah Pemkab Ponorogo dengan inovasinya mampu merubah sampah menjadi berkah.

Sementara itu Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengaku sedikit lega karena problem sampah di Ponorogo sedikit bisa terurai dengan diolahnya menjadi briket. Hanya saja memang karena keterbatasan anggaran pihaknya saat ini belum mampu mengurangi tumpukan sampah di TPA Mrican karena antara sampah yang masuk perhari tidak sebanding dengan produksi mesin pengolah sampah.

"Sampah masuk ke TPA Mrican setiap hari mencapai 70 sampai 90 ton sementara kita baru mampu mengolah 30 ton perhari dengan 4 mesin yang kita punya."jelas Kang Giri.

Oleh karenanya, agar tumpukan sampah di TPA Mrican tidak lagi menggila dan membahayakan maka pihaknya akan menambah jumlah mesin pengolah sampah menjadi briket.

"Kita akan menambah jumlah mesin pengolah sampah menjadi briket. Minimal produksi briket kita setara dengan jumlah sampah yang masuk perhari ke TPA."jelasnya yang diamini kepala dinas lingkungan hidup Kabupaten Ponorogo, H. Sapto Djadmiko.

Ditambahkan Bupati, dengan ditemukannya mesin pengolah sampah menjadi briket maka tumpukan atau gunungan sampah di TPA Mrican bukan masalah karena gunungan sampah itu merupakan berkah karena menjadi bahan baku briket.(Nang)


COMMENTS


Dikunjungi



Nama

Agama,6,air bersih,1,AKABRI 91,1,audit BPKP,1,Babinsa,6,Badegan,1,bakti sosial,1,Bali,2,Bangun Rumah,1,Batangsaren,1,bedah rumah,1,Berita,2075,Bhakti sosial,1,cegah kebakaran,1,damai 2024,1,Dan Tugu Magetan,1,dana desa,1,Dewan,13,Ekonomi,12,Giat,155,gotong royong,3,hari santri,1,Hkukum,1,HSN,1,Hukum,174,hutan,1,Jatim,1,Jawa Timur,1,Jumat Bersih,1,Kabar desa,2,Kapolri,1,Kapolsek,1,Kebakaran,1,Kebonsari,1,Kejaksaan,1,kekeringan,1,Kerja Bhakti,3,Kesehatan,18,kodim,18,Kodim Ponorogo,2,korban tenggelam,1,KPK,2,KTT AIS,2,Madiun,1,masak,1,MoU,1,Musholla,1,narkoba,2,netralitas,1,olahraga,1,Panglima TNI,1,Pariwisata,16,Patroli,1,PCNU Ponorogo,1,pemberdayaan,1,Pemerintahan,49,Pemilu,2,Pemilu Damai,1,pendampingan,1,Pendidikan,21,pengamanan pemilu,1,pengesahan RAPBD 2024,1,Peristiwa,32,Pertanian,4,Piala dunia U17,1,PLN Persero,1,Polda Jatim,1,Polisi janji selidiki,1,Polres,2,Polres bangkalan,1,Polres Banyuwangi,1,Polres Ponorogo,3,polres Probolinggo,1,Polri,2,ponorogo,19,prabowo-gibran,1,PWI,1,relawan Bolone Mase,1,renovasi,1,RSUD,1,saluran air,1,Saradan,1,sekolah,1,Sidorejo,1,Singgahan,1,Sosial,44,sosialisasi,1,Stunting,1,subuh berjamaah,1,sumpah pemuda,1,tanam pohon,1,TMMD,1,TNI,3,TNI netral,1,TNI polri,1,Trenggalek,2,Tulungagung,1,
ltr
item
Sinyal Indonesia: Gubernur Jatim, Khofifah apresiasi inovasi bupati Giri yang sulap sampah menjadi briket
Gubernur Jatim, Khofifah apresiasi inovasi bupati Giri yang sulap sampah menjadi briket
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh_yLljB8aThkO9kvC_YUGMxdrB5AY4WiVTjZhd-EagJj3CzQGmXtRQeeZoj80FJNUebQWunyHCJNUjkHU2yuwfMfij112txdS5uouDGye2Yy71rEVkdLQUhRGQBcU1wWffywYiP8WNpd5nKRif0QB_8ugSXjmIfyHa8mO5vIBOAWGhmz_w9Co9KpeCUw=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh_yLljB8aThkO9kvC_YUGMxdrB5AY4WiVTjZhd-EagJj3CzQGmXtRQeeZoj80FJNUebQWunyHCJNUjkHU2yuwfMfij112txdS5uouDGye2Yy71rEVkdLQUhRGQBcU1wWffywYiP8WNpd5nKRif0QB_8ugSXjmIfyHa8mO5vIBOAWGhmz_w9Co9KpeCUw=s72-c
Sinyal Indonesia
http://www.sinyalindonesia.com/2021/11/gubernur-jatim-khofifah-apresiasi.html
http://www.sinyalindonesia.com/
http://www.sinyalindonesia.com/
http://www.sinyalindonesia.com/2021/11/gubernur-jatim-khofifah-apresiasi.html
true
7537170232992678404
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy